14 Daerah di Indonesia yang Memiliki Banyak Pantai

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:21 WIB
loading...
14 Daerah di Indonesia...
Sejumlah daerah di Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Pantai-pantai ini menjadi destinasi wisata yang menarik yang mampu menyedot jutaan turis untuk berkunjung. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Pantai-pantai ini menjadi destinasi wisata yang menarik yang mampu menyedot jutaan turis untuk berkunjung.

Pantai-pantai di Indonesia sangatlah luas, ditandai dengan terumbu karang, endapan dari gunung berapi, keanekaragaman hayati laut, serta arus laut yang kuat. Dengan sekitar 17.500 pulau, Indonesia memiliki garis pantai lebih dari 80.000 km dan menjadi yang terpanjang keempat di dunia.

Di antara daerah-daerah di Indonesia, ada yang terkenal memiliki banyak pantai. Daerah mana saja itu? Berikut sebagian yang bisa diinformasikan.


Daerah di Indonesia yang Memiliki Banyak Pantai

1. Kabupaten Aceh Besar

Kabupaten Aceh Besar masuk dalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Daerah ini memiliki banyak pantai yang indah.

Sebut saja Pantai Lampu'uk di Kecamatan Lhoknga yang pernah hancur akibat tsunami 2004. Ada juga Pantai Lhok Me di Kecamatan Mesjid Raya, pantai tersembunyi Ujong Pancu yakni Pantai Lhok Mata Ie, Pantai Lhok Keutapang Cut, Pantai Lhok Keutapang Rayek, Pantai Ie Rah, dan Pantai Lange, serta Pantai Ujong Batee yang terkenal dengan kotak pil beton yang dibangun oleh Jepang pada Perang Dunia II.

2. Kepulauan Bangka-Belitung

Kepulauan Bangka-Belitung dikenal dengan pantai berpasir putih dengan air biru jernih serta batu-batu granit. Pantai yang ada di Bangka antara lain Pantai Pulau Bangka, Pantai Air Anyir, Pantai Batu Bedaun, Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Pasir Padi, Pantai Penyusuk, Pantai Rambak, Pantai Romodong, Pantai Tanjung Kalian, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tanjung Ular, Pantai Teluk Uber, Pantai Temberan, dan Pantai Tikus.

Sementara di Belitung ada Pantai Belitung, Pantai Pulau Lengkuas, Pantai Punai, Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Tanjung Tinggi.

3. Banten

Pantai-pantai terkenal di Banten terletak di pantai barat provinsi tersebut. Sebut saja Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Ciputih, dan Pantai Peucang.

4. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memiliki pantai di pantai utara maupun pantai selatan. Namun, yang terkenal adalah pantai di pantai selatan karena memiliki ombak yang besar dan jadi tujuan untuk berselancar. Sebut saja Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, Pantai Cijayana, Pantai Cimaja, Pantai Karang Hawu, Pantai Karang Paranje, Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo, dan Pantai Ujung Genteng.

5. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga punya banyak pantai. Tercatat ada puluhan pantai di provinsi ini, yang tersebar di daerah pesisir bagian utara maupun selatan.

Pantai di Jawa Tengah yang bisa disebutkan antara lain Pantai Karang Bolong di Cilacap, Pantai Alam Indah, Pantai Tirto Samodra (Pantai Bandengan), Pantai Kartini, Pantai Blebak, Pantai Ombak Mati, Pantai Pecatu (Pantai Gua Manik), Pantai Pailus, Pantai Suweru, Pantai Empurancak, Pantai Karimun Jawa, Pantai Barakuda, Pantai Legon Lele, Pantai Tanjung Gelam, Pantai Karang Bolong, dan masih banyak lagi.

6. Yogyakarta

Pantai-pantai di Yogyakarta terletak di pesisir selatan. Pantai yang terkenal di provinsi ini adalah Parangtritis dan Parangkusumo.

Selain dua pantai tersebut, masih ada puluhan pantai lain di Yogyakarta, antara lain Pantai Baron, Pantai Congot, Pantai Depok, Pantai Drini, Pantai Glagah, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenean, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sadeng, Pantai Sepanjang, Pantai Siung, Pantai Sundak, Pantai Trisik, dan Pantai Wediombo.


7. Jawa Timur

Wilayah utara maupun selatan Jawa Timur memiliki banyak pantai. Tercatat ada ratusan pantai yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Timur. Sebut saja Pantai Balekambang, G-Land atau Pantai Plengkung, Pantai Goa Cina, Pantai Klayar, Pantai Ngliyep, Pantai Puger, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Sukamade.

Selain itu ada juga Pantai Tamban, Pantai Watu Karung, Pantai Wedi Ireng, dan lain sebagainya.

8. Bali

Bali sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, memiliki ratusan pantai. Pantai-pantai di Bali sudah sangat terkenal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)